Selamat Datang Santri Baru Tahun Ajaran 2022/2023

Selasa, 19 Juli 2022
selamat-datang-santri-baru-tahun-ajaran-20222023

Selamat Datang Santri Baru Tahun Ajaran 2022/2023



Segala pujian milik Allah subhanahu wata’ala yang telah memberikan taufiq dan kemudahan dalam penyelenggaraan penerimaan peserta didik tahun ajaran 2022/2023. Setelah melalui rangkaian pendaftaran dan seleksi, Pondok Pesantren Al I’tisham pada tahun ini menerima 214 santri baru yang terdiri dari 109 santri kelas VII MTs putra dan putri, 74 santri kelas X MA putra dan putri serta 31 santri kelas X SMK APHP Putri. Acara serah terima wali santri kepada pondok pesantren dilaksanakan Sabtu, 16 Juli 2022 di Masjid Pondok Putri, sekaligus merupakan tanda dimulainya kegiatan santri baru di Pondok Pesantren Al I’tisham.

 

Sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, santri mengikuti kegiatan MATSAMA yang merupakan akronim dari Masa Ta’aruf Santri Ma’had Al I’tisham. Kegiatan MATSAMA dimulai Sabtu, 16 Juli 2022 malam sampai dengan Selasa, 19 Juli 2022. Pada rangkaian kegiatan MATSAMA santri mendapat berbagai pengarahan dan materi pengenalan awal di pondok pesantren. Diantara kegiatan yang dilakukan adalah pengenalan pesantren dan madrasah, pembiasaan doa dan dzikir, materi fiqih wudhu, adab makan minum, fiqih sholat, pengenalan tata tertib pesantren, pengenalan kegiatan ekstrakurikuler dan pengenalan OSMI(Organisasi Santri Ma’had Al I’tisham). Selain materi, santri juga mendapat kegiatan jalan sehat untuk mengenal lingkungan masyarakat sekitar pesantren. Kemudian kegiatan ditutup dengan outbond yang dilaksanakan di Telaga Jonge kecamatan Semanu.

 

Di tengah gempuran akhlaq dan tantangan di masa ini, menjadi penting bagi santri untuk membiasakan hidup sesuai dengan ajaran islam yang telah dicontohkan oleh Rasulullah salallahu ‘alaihi wassalam. Contoh sederhana dalam adab makan, Rasulullah mengajarkan untuk membaca basmalah dan menggunakan tangan kanan. Rasulullah bersabda :

 

يَا غُلاَمُ سَمِّ اللَّهَ ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ

 

“Wahai Nak, sebutlah nama Allah (bacalah “BISMILLAH”), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu.” [HR. Bukhari no. 5376 dan Muslim no. 2022]

 

Sehingga melalui kegiatan MATSAMA selain santri baru lebih mudah mengenal dan melakukan percepatan adaptasi kepada pondok dan sesama santri, juga diharapkan santri akan memulai kebiasaan sesuai dengan tuntunan syariat.